Rabu, 26 Agustus 2015

Mengenang Suzuki FXR 150

Jika kita sedikit flashback ke masa silam, Sebenarnya ada sosok legendaris yang secara spek membuat bergidik di kelas sport 4-tak 150cc, Jawabannya adalah Suzuki FXR150, Sosok Sport Bike 150cc Suzuki yang diam-diam menghanyutkan. Penasaran seperti apa kelebihan sosok Suzuki FXR150 yang satu ini ? Yuk, Kita intip....


Suzuki FXR150 adalah Sport Bike 150cc 4-Tak yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1997 hingga harus discontinue tahun 2002 silam. . . Motor Sport ini boleh disebut sebagai pelopor era baru di kancah Sport Bike 4-Tak 150cc, yang saat itu masih diisi oleh Jajaran Motor 2-Tak legendaris seperti Honda NSR150, Yamaha TZM150 & Kawasaki Ninja 150RR. . .




Suzuki FXR 150 pertama kali diluncurkan di Malaysia oleh Lion Suzuki Motor Sdn,Bhd… Kemudian diimpor secara CBU ke berbagai negara, di regional Asia-Pasifik, Amerika Selatan, hingga diimpor ke Indonesia oleh Indomobil Suzuki International pada tahun 2000. . . Sejauh mata EA’s Blog mengamati sih, Motor ini sangat jarang terdeteksi di Jalanan… Yang berarti unit Impor nya ke Indonesia tak terlalu banyak.





Menilik ke Sektor desain… Suzuki FXR150 ini memang terlihat khas banget dengan aura motor millenium, alias motor lansiran tahun 2000-an. . . Kenapa demikian ? Yup, jika kita mengamati guratan body-nya sudah memainkan lekukan sudut-sudut taja namun overall desainnya tetap rounded, alias membulat.

Keanggunan sosok FXR150 juga ditopang dengan part nya yang tak kalah eksotis loh Brosist. . . Sebut saja Speedometer Full-Digital yang bahkan tidak mampu disaingi oleh seteru Sport-Bike tahun 2015… Suspensi depan & Swing Arm Alumunium “Banana-Style” Eksotis “limbahan” dari Suzuki RG150 Gamma II… Plus Sasis Twinspar Alumunium yang kekar dan gambot.

Sektor mesin adalah nilai plus, atau bisa dibilang kelebihan Suzuki FXR150 yang selanjutnya nih Brosist. . . Berbekal mesin unik 4-Tak, 147cc, DOHC 4 Valves, Pendingin Udara+Oli (Oil Cooler), plus Teknologi Fenomenal dari Suzuki yang pernah membuat motor sekelas CBX1047 6 Silinder keteteran oleh GS1100 4 Silinder, yaitu Suzuki Twin Swirl Combustion Chamber (TSCC)… Suzuki FXR150 ini memang jadi yang one-of-a-kind di masanya. . . Kenapa bisa demikian ? Ya, karena saat FXR dirilis ke pasaran, bahkan Honda (Old) CBR150R belum ada.



Spesifikasinya juga nggak kalah garang, Malah bisa disebut eksotis… lihat saja, Meskipun keluaran tahun 1998, Tapi Powernya mampu tembus 20 HP @ 10.000 RPM !! Sebuah muntahan power yang pastinya membuat bikers 150cc 4-tak jaman sekarang bergidik, bila motor yang satu ini masih diproduksi… Apalagi melihat bobotnya yang hanya 118 Kg.

Kenapa Power Suzuki FXR 150 di-set sebesar itu ?, sementara adiknya sekarang Suzuki Satria F150 / Raider 150 hanya sekitar 16 HP ? Nah, usut punya usut… Ternyata Motor ini memang diciptakan untuk langsung menantang jajaran motor sport 150cc 2-tak, yang saat itu masih Booming di Asia-Pasifik.

Pastinya sudah ngerti kan bagaimana sensasi power motor 2-Tak 150cc dengan Exhaust Powervalve nya, semacam SuperKIPS, RC-Valve, YPVS & S-AEC ? Nah, Itulah alasanya power Suzuki FXR 150 diset begitu besar… Meskipun harus mengorbankan torsi RPM Bawah yang rada loyo, Persis CBR150R CBU yang powernya liar saat memasuki High-RPM.

Spesifikasi Detail Suzuki FXR150

Manufaktur : Lion Suzuki Motor
Model : FXR 150 (V, K2 & K3)
Tahun Pembuatan : 1997 – 2002

Mesin : 4-Tak, Silinder Tunggal, DOHC 4 Valve, Oil-Cooled, Suzuki TSCC (Twin Swirl Combustion Chamber)
Bore x Stroke : 62 x 48,8 mm
Kapasitas Silinder :  147 cc
Rasio Kompresi : 10,7 : 1
Sistem Penyuplai BBM : Karburator Mikuni BS29
Transmisi : 6-Speed, Constant-Mesh
Starter : Elektrik & Kick Starter
Max Power : 20 HP (14,9 KW) @ 10.000 Rpm
Max Torsi : 12,5 N.m (1.27 Kg.f/m) @ 8.100 Rpm
Top Speed : 150 – 160 Km/h

Dimensi P x L x T : 1.985 x 665 x 1.080 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.325 mm
Tinggi Jok : 760 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 160 mm
Berat Kosong : 118 Kg
Kapasitas Tangki BBM : 15 Liter

Frame : Alumunium Twinspar Frame
Suspensi Depan : 38mm Teleskopik Fork, Oil Damped
Suspensi Belakang : Monoshock Adjustable, Alumunium “Banana-Style” SwingArm
Rem Depan : Cakram Hidrolik, Disc 275 mm, Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Disc 220 mm, Kaliper 2 Piston
Ban Depan : 80/90 – 17 44S
Ban Belakang : 100/90 – 17 55S

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar


iklan

 

Copyright © Informasi Otomotif. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com